Rabu, 20 Januari 2016

Kegiatan Periksa Hamil Gratis Undang Antusias Warga



Pada hari Sabtu tanggal 16 Januari 2016 telah dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kehamilan gratis di Dusun II Desa Sei Selingsing Kec. Simpang Empat.

Para warga yang hadir terlihat begitu senang dengan kegiatan yang dilakukan oleh para Mahasiswi D-III Kebidanan STIKes Sakinah Husada Tanjungbalai ini. Masih terbatasnya akses kesehatan, khususnya pelayanan kesehatan ibu dan bayi di desa ini membuat para ibu hamil cenderung tidak dapat memeriksakan kehamilannya.

Salah seorang ibu hamil bernama Herlina (21 tahun) yang ikut memeriksakan kehamilannya dalam kegiatan ini merasa sangat bersyukur.

“Saya berharap kegiatan ini bisa berlangsung sering-sering,” ujarnya dengan bersemangat.

Sepulang dari kegiatan ini para ibu hamil dibekali pil penambah darah yang sebaiknya dikonsumsi sehari sekali sebelum tidur malam.

Selain para ibu hamil, kegiatan ini turut mengundang perhatian dari warga sekitar Dusun II Desa Selingsing yang ingin memeriksakan kesehatannya. Rata-rata dari warga ingin mengecek keadaan tekanan darah mereka.

Nek Zainab (60 tahun) memeriksakan diri karena merasakan keluhan sering pusing. Dari hasil pemeriksaan, Nek Zainab mengalami hipertensi (tekanan darah tinggi). Mahasiswa STIKes Sakinah Husada Tanjungbalai memberikan pendidikan kesehatan berupa mengurangi konsumsi makanan berlemak dan menghindari makanan yang mengandung yodium. Sebelum pulang, Nek Zainab juga dibekali dengan obat anti tekanan darah tinggi. (***)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar